Howto Transaksi Online pada Forum Maya

Berdasarkan dari transaksi online yang biasa terjadi pada forum-forum maya, transaksibiasanya digolongkan menjadi 3 macam :
1. COD (Charge on Delivery)
Istilah ini adalah istilah umum untuk jasa expedisi yang artinya, pembayaran di lakukan pada saat barang di antar pada tujuan. Tetapi pada transaksi online, istilah ini di gunakan jika penjual dan pembeli sepakat untuk bertemu, untuk memvalidasi barang dan kemudian membayarkan uang dengan jumlah yang telah di janjikan sebelumnya.
Kelebihan dari model ini, pembeli bisa memastikan benar barang yang akan dibeli, kualitas dan kuantitasnya seperti apa. Sehingga barang yang di beli memang sesuai dengan barang yang di harapkan.
Kekurangannya adalah ada kemungkinan resiko perampokan secara berencana, terutama apabila nilai uang yang telah di sepakati lumayan besar.
Sangat di sarankan untuk pembeli atau penjual, agar tidak sendirian dalam bertransaksi model COD.
2. Rekening Bersama (Rekber)
Istilah untuk transaksi yang melibatkan pihak ketiga sebagai pemegang uang transaksi dan penengah jika terdapat masalah. Proses transaksi di selesaikan melalui forum (biasanya melalui private message/jalur pribadi). Sedangkan untuk pembayaran di transfer ke pihak ke tiga. Penjual mengirimkan barang ke pembeli. Pembeli menerima barang yang di janjikan. Jika barang sesuai dengan pemesanan, maka pembeli akan menghubungi pihak ketiga agar mentransfer ke penjual. Solusi cerdas bukan?
Kelebihan dari mode ini adalah uang transaksi masih di pegang oleh pihak ketiga, jika barang tidak sesuai, maka uang bisa di kembalikan ke pembeli.
Kekurangannya adalah bisa terjadi saling klaim, sang penjual merasa sudah mengirimkan barang sesuai pesanan, ketika barang di terima pembeli merasa tidak sesuai dengan pesanan. Nah disini fungsi pihak ketiga yang harus melerai. Maka di sarankan, pada saat menerima barang, langsung di buka di hadapan pengirim, atau saksi lain. Sehingga ada bukti untuk klaim di kemudian hari jika bermasalah.
3. Konvensional
Hanya berdasarkan kepercayaan saja. Setelah uang di transfer, barang kemudian di kirim, atau sebaliknya barang di kirim dan uang di ditransfer.
Tipe inilah yang paling mudah dan paling beresiko. Penipuan biasanya terjadi disebabkan oleh penjual, yang tidak mengirimkan barang sesuai pesanan. Dan tipe ini amat sangat tidak dianjurkan apalagi buat penjual yang reputasinya jelek. (Bisa dilihat dari jumlah reputasi point yang dimiliki, walaupun tidak selalu benar)

Untuk poin 2 dan 3, pengiriman barang biasanya menggunakan jasa kurir. Ada 1 fitur yang penting yang harus ada pada jasa kurir, yaitu fungsi tracking.
Fungsi ini berguna untuk melakukan tracking barang berdasarkan no kode unik yang biasanya tercantum pada resi pengiriman barang. Nah disitu juga tercantum detil dari barang tersebut, seperti dari siapa, untuk siapa, berat, jumlah koli, isi dan sebagainya, dan juga status pengiriman sudah sampai dimana.
Apabila kode yang diberikan tidak sesuai atau bahkan tidak ada dalam database online kurir tersebut, maka siap-siaplah menerima kenyataan bahwa anda adalah korban penipuan. (Pastikan juga untuk menelpon kantor kurir tersebut untuk memastikan kode resinya)
Update database pada kurir tertentu butuh waktu, semisal pengiriman pagi, update di database biasanya pada malam hari.

Selamat berbelanja online dengan segala resikonya ya….!!! 😀

About tetikoes


Leave a comment